Rabu, 02 Januari 2008


Sahabat adalah salah satu anugerah dari Allah yang
sangat berharga.
Dengan kehadiran mereka, saya bisa terus belajar,
meluaskan perspektif saya, melatih empati saya.
Subhanallah.

Akhir-akhir ini saya sadar, ada satu lagi peran para
sahabat yang sebelumnya tidak saya sadari. Ketika
lontaran kata berasal dari rasa hati terikhlas,
seringkali kata-kata yang mengalir antar sahabat tidak
lagi terdengar seperti biasa... Seakan-akan, (esensi
dari) kata-kata yang terluncur itu adalah teguran dan
sapaan dariNya, langsung menyentuh hati saya, melalui
perantaraan sang sahabat!

*****

Salah seorang sahabat saya memiliki karakter yang
kuat.
Dia selalu penuh semangat, berkemauan keras, dan
senantiasa berjuang untuk merealisasikan semua
visinya.
Di saat-saat sulit, dia tidak mudah mengeluh.
Dia selalu berbuat yang terbaik, apa pun yang dia
lakukan.
Sungguh, semangat saya begitu terpacu jika melihat
etos kerjanya.

Dan di balik semua teladannya itu, dia masih
menyisakan sepenggal nasehat yang begitu mengena di
hati saya. Ketika semangat saya begitu menggebu,
berjuang sekuat tenaga, maka seringkali saya justru
terlupa apa niat awal saya. Hingga saya mudah kecewa
jika hasil perjuangan saya tidak sesuai dengan
ekspektasi saya.
Maka di saat yang tepat, penggalan kalimatnya menohok
hati saya: "Berusaha sekuat tenaga. Tetap luruskan
niat, semua karena Allah. Allah tidak pernah
mengecewakan orang yang berjuang atas niat karena
Allah."

Astaghfirullah...
... jika niat ini bukan demiNya, lantas apalah
artinya?

*****

Teguran lain juga saya rasakan, di kesempatan lainnya.

Ketika baru-baru ini saya merasa sedih, rasanya sulit
sekali untuk berpikir positif. Seakan-akan Sang Maha
Kuasa begitu pilih-kasih, terlalu memanjakan saya dan
justru melupakan orang-orang di sekitar saya.
Seakan-akan semua yang terjadi pada orang-orang yang
saya sayangi, bukanlah hal yang adil sama sekali.

Di saat saya merasa gelisah dan sulit untuk bersyukur
seperti itu, kata-kata seorang sahabat membuat saya
sadar kembali: "...yang tau kamu pantasnya diberi
imbalan gimana itu Allah. Kalau Dia ngasih kamu
segitu, ya karena Dia memang merasa kamu pantas dapat
segitu..."

Astaghfirullah...
... jika hati saya tidak bisa mensyukuri nikmat yang
ditentukanNya, maka apalah artinya?

*****

Doa-doa yang ikhlas saya mohonkan untuk semua
sahabat-sahabat saya, yang melalui perantaraan mereka
Allah telah berkenan menyentuh hati saya.
Sahabat, semoga Allah selalu semakin menyayangi anda
semua, dari hari ke hari. Karena tanpa ridhoNya,
yah... apalah artinya?

Tidak ada komentar:

ayat-ayat cinta part 1 - 13

MUNAJAT CINTA.............!!!!!!!

KAMU, KAMU LAH SURGAKU....!!!!

DEWA

movie

Muse